Thursday, January 8, 2009

Jawa Bali travel adventure Dec 2008 Catatan akhir

Semoga info di blog ini bermanfaat bagi para traveller.... Terima kasih kepada teman-teman untuk support informasi yang sangat membantu.

Potensi Thema Tour berikutnya:
"Duren (harus akhir tahun) and Food",
"Wali Songo, masjid and Pesantren",
"Beach" ada banyak beach di Jawa-bali,
Dataran Tinggi and mountain, Candi dan kerajaan di Jawa ... waduh... banyak sekali potensi wisata yang masih perlu kita explorasi....

Input dan Saran:
Pemerintah:Perbaikan jalan (buat yang lebih baik/kuat... korupsi merusak pariwisata juga lho....). Truk over weight di punish berat..., tapi mesti buat aturan, enforcement dan pengawasan yang jelas, supaya ngga jadi lahan… (buat dosa…)Kereta api: jalankan kereta 2 jalur, industri dan pergerakan barang lewat jalur kereta... hanya tranfer jarak pendek (sktr 100 km) lewat jalan raya. Jalan raya bisa lebih berkembang untuk industri pariwisata...
Traveller:
Spend more di wisata lokal... save devisa, promoting travel heaven in Indonesia, keep clean..... (jangan buang sampah di Jalan, apalagi dilokasi wisata alam)
Pedagang dan pengusaha turisme: jualan dengan wajar, tingkatkan pelayanan, jadi worthed value of money dan bisa mengundang orang balik lagi…. Bagi yang sudah baik, di pertahankan (ie. Kepiting Prima, Bali Sorgawi Hotel)
Improvement required:

Pengelolah tempat wisata dan Pemda:
Pura Besakih (ojek, sewa sarung, guide – buat standard harga yang reasonable jika memang untuk kas daerah, juga kwitansi resmi)

Jimbaran: Rasa dan timbangan…. Juga harga…
Dream Land: Ada pungutan parkir rp.10 ribu/mobil… ini aneh, didepan komplek ditulis tidak bayar, ada karcis, tapi Kuta (Bukan Dreamland?).

TOP 3 best in this trip:
Pengelola wisata : Nusa Dua, House of Sampoerna, Sarangan
Restaurant : Mirota Cafe, Kepiting Prima, Cak Koting
salam....

Blog Sukabumi:
http://villabella.890m.com/
http://sukabumi-kh.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment